Manajemen Pemasaran Industri

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Teman - Teman. Apa kabar kalian Semua? Mudah-Mudahan Diberikan Kesehatan Selalu. Dimasa Pandemi Sekarang Selalu Terapkan Protokol Kesehatan Bila Berpergian Keluar Rumah. Semoga Pandemi Ini Cepat Berakhir (Aamiin).


Kali ini Saya Akan Menulis Rangkuman Materi Pengantar Pemasaran Industri.
Baik, Sudah siap? Okey Kita Mulai Saja Rangkumannya.

Nama   : FARHAN ASSROW ZHAFIRIN
Kelas    : 4EA15
NPM    : 12217171 

                                           Manajemen Pemasaran Industri

Pemasaran :
Suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya

Kebutuhan :
Suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari.

Keinginan :
Hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam.

Permintaan :
Keinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli. 

Manajemen Pemasaran :
Suatu proses analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi.

Pembelian Organisasional adalah proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal dalam menetapkan kebutuhan produk, mengidentifikasi menilai dan memilih berbagai alternatif merek dan pemasok.

Tiga Pasar Organisasi :
Pasar Industri, Pasar Penjual Kembali, Pasar Pemerintah 

Pengertian Pemasaran Industri dan Konsumen

Pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.
Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.

Pemasaran Industri Vs Pemasaran Konsumen
Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.

Pasar Industri adalah semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, disediakan atau di pasok keperusahaan lain.
Pasar Konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian pribadi.

Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen Menurut Karateristik
Pemasaran Industri

·         Pasar : Terkonsentrasi secara geografis, Pembeli relatif lebih sedikit.

·         Produk : Kompleks dan Customized.

·         Promosi : Personal Selling.

·         Pelayanan : Sangat mementingkan pelayanan, Waktu pengiriman, dan Ketersediaan.

·         Harga : Lelang kompetitif dan Negosiasi.

·         Perilaku Pembeli : Melibatkan berbagai wilayah fungsional, Keputusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja.

·         Saluran Distribusi : Lebih langsung.

Pemasaran Konsumen

·         Pasar : Tersebar secara geografis, Merupakan pasar masal.

·         Produk : Lebih standar.

·         Promosi : Lebih ke advertising.

·         Pelayanan : Tidak terlalu mementingkan pelayanan, Waktu pengiriman, dan Ketersediaan.

·         Harga : List prices dan Maximum retail price (MRP).

·         Perilaku Pembeli : Melibatkan anggota keluarga, Keputusan pembelian lebih didasarkan pada kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis

·         Saluran Distribusi : Tidak langsung dan Berlapis.


Nah, itulah yang hanya saya bisa sampaikan pada blog saya. mudah-mudahan
bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian. sekian dari saya 

Farhan Assrow Z
Wassalamualaikum Wr. Wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEASING

  Assalamualaikum Wr. Wb. Halo Teman - Teman. Apa kabar kalian Semua? Mudah-Mudahan Diberikan Kesehatan Selalu. Dimasa Pandemi Sekarang Se...